Minggu, 07 April 2019

Hari ke 11 Tantangan 10H Level 1 Kelas Bunda Sayang Batch 5


  •  Partner : Syauqi
  • Point komprod : "Jelas dalam memberikan pujian"
Meski usianya telah 5 tahun lebih. Dan insya Allah tahun ini Syauqi akan masuk Sekolah Dasar,  namun sifat manjanya masih terlihat.  Manja bukan berarti ia tak bisa melakukan, namun lebih kepada sifat malas dan mengandalkan uminya.  Dalam hal BAK dan BAB misalnya, dia tuh sudah bisa melakukan sendiri. Tapi nggak tau kenapa selalu pinginnya dibantu siram. Padahal saya dah jelasin ke dia kalau mau BAK dan BAB di kamar mandi kecil saja, karena mudah bagi dia untuk meraih gayung saat cebok(maaf). Namun,  begitulah anak-anak, sekali dia melakukannya sendiri, dan selebihnya tetap dibantu. 

Pagi ini, sebuah suprise menurutku karena Syauqi melakukan BAK mandiri. Akhirnya aku beri pujian :
" Duh,  pintarnya anak Umi,  bisa BAK sendiri"
mendengar pujianku, Oki cuma senyum.

Sebelum tau materi komprod, biasanya untuk semua jenis perbuatan baik yang dilakukannya,  aku memujinya seperti ini  " Pintarnya anak Umi". Hingga pernah di suatu hari aku memujinya dengan kalimat seperti diatas, trus Syauqi nanya ke abahnya, "Kenapa Umi memujiku? ". Berarti dia gak faham, karena pujiannya tidak spesifik. Akhirnya dia tak tau, mana perilaku yang mesti dipertahankan dan mana yang tidak. 

Semoga saja di hari-hari berikutnya hal baik ini terulang dan menjadi kebiasaan. Pun aku bisa memberikan pujian/kritikan yang jelas sehingga bisa memandunya menjadi anak yang lebih baik. Amin. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar