Kamis, 04 April 2019

Hari ke 8 Tantangan 10 Hari Level 1 Kelas Budna Sayang Batch 5



Partner  :  Fiqrah Talita Jayyidah ( Putri bungsu, 3 tahun lebih)
Point Komunikasi Produktif  : 

  • Gunakan Intonasi Rendah dan Bahasa Ramah
  • Mengganti perintah dengan pilihan


Pagi hari sepulang dari Makassar menghadiri Wisuda Bunda Sayang dan Tudang Sipulung, semua masih ngantuk. Namun karena harus berangkat ke kantor, terpaksa segera bersiap siap. Syauqi masih tidur, sehingga yang jadi partner komprodku kali ini adalah adiknya yang lebih dulu bangun.

Sudah menjadi kesepakatan dalam keluarga terkait jadwal bermain gadget bagi ketiga putra dan putriku. Setiap hari mereka mendapat jatah 15 menit, biasanya diambil sebelum berangkat ke sekolah. Dan pagi ini, Fiqrah menagih jadwalnya, saat saya bersiap ke kantor. Jika biasanya dalam kondisi seperti ini (pingin cepat-cepat ke kantor) maka saya akan menolak memberi HP dan akan memaksanya untuk segera kumandikan, dan bisa dipastikan Ia akan meronta-ronta. Namun karena berniat menerapkan komprod, maka saya mengganti perintah dengan pilihan.

"Ika, kalau mau main HP dulu, nenek yang mandikan. Tapi kalau mau dimandikan sama Umi, main HP nya setelah mandi, bagaimana ?"
" Mau main HP dulu" jawabnya.
"Oke, tapi nenek yang mandikan ya, bukan Umi" ujarku mencoba menegaskan.
"Iya, Mi"

Akhirnya aku pun menghargai pilihannya dan mensetting alarm 15 menit sembari mengingatkan agar disiplin waktu.

Alhamdulillah, dengan komunikasi produktif, aku bisa lega, fikrah pun dapat menikmati pilihannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar