Senin, 01 April 2019

Hari ke 5 Tantangan 10H Level 1

Partner : Syauqi ( Oki)
Point Komunikasi Produktif :
Fokus ke depan bukan masa lalu
Mengganti perintah dengan pilihan


Praktek 1
Seperti biasanya, menjelang tidur Syauqi dan Fikrah minta dibacakan buku. Namun sebelumnya karena berniat mempraktekkan komunikasi produktif , maka saya bertanya kepada Syauqi :

" Alhamdulillah, Syauqi sudah hafal banyak surah pendek, sudah gabung di club badminton anak, tapi ada yang masih membingungkan Umi, kenapa Syauqi masih sering marah-marah, ada yang bisa Umi bantu supaya Oki tak marah-marah lagi ?

" Saya marah-marah karena adek Ika suka memukul dan kak Idul suka mengejek saya " kata Oki
" Oh, itu ya sebabnya, terima kasih karena Umi sudah tau " kataku sambul tersenyum.

Beberapa hari ini kami memang sudah sepakat dan telah membicarakan dalam family forum terkait sanksi jika memukul, mencubit, menendang dan mengejek. Dan semuanya sepakat bahwa sanksinya adalah pengurangan waktu bemain gadget. Setiap anak punya jatah bermain gadget 15 menit perhari. Secara rinci sanksinya sebagai berikut :
Menendang, dikurangi 3 menit
Memukul/mencubit, dikurangi 2 menit
Mengejek, dikurangi 1 menit
Jika waktu telah berkurang, maka dapat mengembalikan waktu bermainnya dengan melakukan kebaikan apapun jenisnya. Namun waktu maksimal bermain gadget tetap 15 menit. Jadi semoga dengan penerapan aturan ini secara konsisten dan adil, dapat mengurangi frekuensi marahnya Syauqi.

Praktek 2

Pagi ini, Syauqi telat bangun, padahal jam sudah menunjukkan pukul 06.50. Sementara tiap pagi sebelum ke sekolah, dia punya jatah bermain gadget 15 menit. Biasanya dalam kondisi seperti ini, saya pasti akan memaksanya untuk segera mandi. Namun karena ingin menerapkan komunikasi produktif, maka akhirnya saya memberi pilihan :

" Oki, mau main HP dulu 10 menit lalu mandi, atau mandi dulu dan setelahnya bisa main HP 15 menit".
" Kenapa 10 menit ? Oki protes.
" Karena kalau oki main HP dulu nanti telat ke sekolah, soalnya Oki mandinya lama" kataku menjelaskan.

Akhirnya Oki setuju, walau terlihat berat, namun yang saya syukuri adalah dia tak ngambek di pagi hari. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar